Memilih Hasil Silangan Terbaik : Burma Jadi Induk Favorit

Blitar, 8 April 2013

Soal silang-menyilang merupakan salah satu hal yang sangat menarik untuk diperbincangkan, beberapa peternak ayam aduan handal telah melakukan eksperimen mengawinkan berbagai jenis ayam untuk mendapatkan hasil silangan terbaik. Burma meskipun pendatang baru menjadi salah satu induk favorit, sehinnga kini silangan banyak dilakukan antara lain adalah Burma-Saigon dan Burma-Thailand. 

Sebenarnya hal tersbut ada banyak faktor yang mempengaruhi, untuk beternak ayam tidaklah terlalu sulit namun juga tidak terlalu gampang. Antara Birma-Saigon dan Burma - Bangkok Thailand jika diternakkan denga ncara dan teknik yang benar, masing-masing sama bagusnya.

Ayam Birma dengan hi-quality pastilah memiliki kekuatan, tidak mudah mati, sulit untuk kalah dan jika kita silangkan dengan ayam aduan Saigon yang bagus akan menghasilkan anakan ayam yang bagus pula dengan karakter tahan pukul dan tidak mudah menyerah. JIka birma dikawinsilangkan dengan  Ayam Bangkok Thailand kebanyakan peternak/botoh akan mengharapkan punya anakan jenis burma dengan ukuran yang lebih besar.

Birma disilangkan dengan Saigon akan menghasilkan anakan yang kokoh. kuat, dan berotot dengan pukulan yang cukup bagus, apalagi jika pukulan tersebut mengenai kepala atau mata, seperti ayam aduan BIrma, hanya saja mereka cenderung mengandalkan ketepatan pukulan saja dan tidak mengandalkan tekhnik. Sedangkan dan Birma dan bangkok akan menghasilkan anakan dengan pukulan yang sangat hebat, apalagi jika pukulan tersebut mengenai leher, hal ini akan menimbulkan luka yang cukup berbahaya, dan bila pukulan selanjutnya bisa mengenai bekas luka yang pertama maka hal ini akan memperbesar kemungkinan ayam tersebut untuk mati. 

Kembali pada hasil silangan Birma dan Thailand. Meskipun hasil silangan yang dihasilkan memiliki teknik bagus dengan pukulan nyawat seperti ciri khas ayam aduan birma, namun kebanyakan pukulan tersebut tidak terlalu kuat dan cenderung lemah meskipun tepat sasaran. jila birma disilangkan dengan saigon, mereka akan menghasilkan anakan yang kurang memiliki perhatian pada musuhnya dan meskipun pukulan yang dia miliki kuat, namun seringkali tidak tepat sasaran. Masing-masing hasil silangan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga sangat susah untuk menentukan mana yang terbaik di antara silangan tersebut. 

Saat ini peternak cenderung berusaha menyempurnakan ayam aduan birma, sehingga yang mulanya berukuran kecil akan bis berukuran besar, dengan harapan tersebut maka ayam aduan birma banyak disilangkan dengan ayam aduan bangkok atau saigon. Berbicara masalah kelebihan dan kekurangan, masing-masing silangan memiliki poin-poin yang memperkuat atau pun melemahkan kelebihan masing-masing, tergantung dari sisi mana melihatnya. Jika bicara masalah aktivitas dan kelincahan, silangan antara burma dan bangkok memiliki nilai plus, namun jika bicara menganai daya tahan, kekuatan dan kesabaran, burma dan saigon masih menjadi pilihannya. 

Bagaimanapun juga ayam yang kuat, berotot, teknik bagus, pukulan yang akurat dan mudah untuk mengalahkan lawan adalah ayang yang terbaik. Secara umum bisa disimpulkan bahwa sejelek apapun ayam burma jika dikawinsilangkan dengan berbagai jenis ayam aduan, salah satu hasil silangannya pastilah memiliki teknis sebagus induknya, hanya faktor keberuntungan saja yang sangat berperan di sini.