Menyilangkan Ayam Birma : Menghasilkan Bobot Ideal

Blitar, 5 April 2013

Betina Birma
 Di Thailand ayam aduan Burma telah dikenal sejak 20 tahun lalu. Pertama kali dikenal di Thailand bagian tengah dan utara yang kemudian kehandalannya disukai di seluruh Thailand. Saat ini Thailand sudah menjadi sumber bibit ayam burma sebab banyak peternak menyukai dan memilih untuk mengembangkan ayam Burma. Mereka menyukai karena perawakannya yang kecil dan gaya bertarung yang bagus. Tapi, ada sebagian penghobi Thailand yang tidak menyukai ayam Burma karena lebih suka mengadu ayam berukuran besar. 
Untuk memadukan 2 selera di atas diupayakn menyilangkan ayam Burma dengan ayam Thailand sehingga bobot atau ukurannya sangat ideal.. Tidak sulit tetapi untuk mendapatkan keberhasilan bagus perlu mengenal beberapa kendala yang sering muncul.
 
Kendala Ukuran
 
Meski mempunyai perawakan kecil, ayam burma mempunyai teknik bertarung yang bagus. Ayam aduan berukuran besar belum tentu mempunyai teknik bertarung seperti ayam burma. Sementara secara umm kebanyakan arena ayam aduan masih didominasi ayam berukuran besar, banyak peternak yang belum merasa memperoleh keberhasilan penuh dalam mengembangkan ayam burma, sebab belum begitu banyak diminta.
 
Kendala Teknik Bertarung 
 
Sementara belum bisa diketahui teknik standar gaya bertarung ayam Burma silangan. Dari hasil pengamatan sementara dari kawin silang 50%, atau 25%, atau 12,5% juga masih belum bisa diketahui gaya bertarung yang standar. Meski telah digunakan pejantan yang sama dan beberapa betina berbeda. Hasilnya mempunyai gaya bertarung yang berbeda-beda.
 
Ada hasil silangan yang tidak mempunyai teknik bertarung bagus, silangan tersebut didapat dari ayam Thailand yang tidak dari keturunan bagus. Hasil ini bisa dibilang tidak bisa digunakan. Dalam petarungan seringkali tidak mampu untuk melepaskan diri dari dekapan lawan. Malahan seringkali memberikan kepalanya kepada lawan. Kemungkinan hal ini dikarenakan bibit ayam Burma yang digunakan memang kurang bagus.
 
Kendala Kebiasaan
 
Ayam burma adalah ayam alam, kurang begitu akrab dengan manusia, dalam pertarungan seringkali berteriak kuat-kuat.
 
Kendala Standar 
 
Hingga saat ini belum diketahui standar bibit ayam Burma yang bagus. Sebab ayam yang bagus masihterbatas jumlahnya, agak susah untuk dikembangkan dan langka. Banyak yang menyatakan bahwa bibit bagus yang selama ini ada pada ayam Burma bukan hasil keturunan dari ayamnya tetapi dari penanganan yang bagus ketika masa pertumbuhan. 
 
Untuk mendapatkan hasil silangan yang mempunyai teknik bertarung bagus, melalui pejantan ayam Burma sebab teknik bertarung selalu menurun dari ayam jantan. Jika menggunakan betina Burma akan didapat ayam dengan teknik ayam Thailand, menurun dari pejantannya, ayam Thailand. 
 
Untuk mendapatkan ukuran yang lebih besar, digunakan betina ayam burma dan pejantan ayam thailand yang masih muda, berat tidak lebih dari 3,8 kg atau jantan keturunan dengan berat 4 kg ke atas. Kebanyakan berpendapat brat pejantan 3,8 kg sudah cukup. Untuk mengembangkan ayam burma harus benar-benar diketahui bahwa berat pejantan cukup memadai. 
 
Dari 4 kendala di atas, terlihat bahwa untuk menyilangkan ayam Burma tidak sulit tetapi harus mempertimbangkan kendala yang sering muncul. Untuk itu jika akan mengembangkan ayam Burma disarankan untuk : 
 
Seleksi
 
Pilih ayam burma yang mempunyai tendangan lincah, pukulan akurat dan patukan cepat. Jangan memilih ayam yang suka menggigit mulut lawan (Pacroh) karena pada dasarnya ayam Burma mempunyai kelebihan mematuk wajah lawan secara langsung. Jika ayam yang suka menggigit dikembangkan akan mengalam cedera mulut dan percuma untuk dikembangkan. 
 
Berat Tubuh
 
Pilih ayam dengan bobot bagus. Bobot yang berat berarti punya struktur yang mantap, tinggi dan proporsi bagus, ttapi tidak gemuk. Jangan memilih ayam yang terllalu berat karena gemuk.
 
Keturunan
 
Untuk mengembangkan ayam burma yang bagus terlebih dahulu harus menemukan keturunan yang bagus dari sejarah dan ketangguhan yang stabil. Cara ini perlu untuk menentukan keberhasilan tanpa membuang waktu, tenaga, dan uang. Dari keturunan yang bagus, keunggulan teknik ayam burma pasti akan menurun juga. saat ini sudah banyak peternak di Thailand yang mendapatkan sukses besar dari penyilangan ayam burma karena menggunakan kiat-kiat di atas. 
 
 
Sumber : Media Ayam .