Teknik Melatih Ayam Bangkok Dengan Metode Kliter

Malang, 18 Agustus 2013


Ayam aduan layaknya atlet olahraga yang harus dilatih kekuatan fisiknya. Kemampuan ayam yang sebenarnya akan keluar jika ayam  tersebut mendapatkan porsi latihan yang cukup serta jam terbang yang tinggi. Ayam yang layak tanding baik dalam segi kondisi fisik serta teknik bertarung nantilah yang akan diturunkan untuk bertanding di arena.

Salah satu teknik latihan yang biasanya dilakukan dalam merawat ayam bangkok adalah teknik kliter. Teknik ini biasa dilakukan untuk ayam jenis bangkok. Latihan ini merupakan latihan dengan cara meletakkan dua ayam pada dua tempat yang berdekatan (biasanya dengan menggunakan kurungan kliter yang disusun ganda). Hal ini bermaksud agar ayam yang posisinya di luar kandang, berusaha bergerak terus menerus untuk mendekati lawan. Sehingga latihan ini dapat melatih fisik ayam dari segi kekuatan otot kaki. 

Porsi latihan kliter diberikan sesuai dengan kondisi ayam. Di mana rata-rata latihan kliter berkisar antara 10 – 15 menit. Ketika ayam sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan (misalnya, mulut yang terbuka), barulah latihan ini diakhiri. Biasanya, semakin meningkat kekuatan ayam, latihan fisik yang diberikan akan bertambah. Yang tidak kalah pentingnya adalah jadwal pelaksanaan latihan kliter ini. Kami biasanya melalukan teknik ini pada sore hari. Jadi, ayam yang pagi harinya dimandikan dan kemudian dijemur. Diistirahatkan pada kandang umbaran. Setelah kondisinya cukup baik (tidak kelalahan), barulah diberi porsi latihan kliter ini rutin setiap hari. Berikut ini adalah video contoh latihan klitter yang biasa dilakukan untuk menambah kekuatan kaki ayam : 



Video Teknik Kliter Ayam


Sebelum latihan, ayam dimandikan dengan metode kering. Dan setelah latihan ini dilakukan, ayam tidak begitu saja dimasukkan ke dalam kandang istrahat. Namun terlebih dahulu harus dimandikan dengan air hangat dengan cara memandikan ayam metode kering. Metode kering berbeda hal nya dengan metode basah yang biasanya digunakan untuk memandikan ayam ketika abaran. Metode kering hanya bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan keringat pada kulit ayam. Jadi, ayam setelah dilatih akan bersih. Berikut ini adalah cara memandikan ayam metode kering yang biasa digunakan untuk memandikan ayam setelah latihan. 



Video Teknik Memandikan Ayam Metode Kering 


Jangan lupa ya. Sebelum ayam benar-benar istirahat ayam diberikan jamu serta dipijat. Bagian sendinya harus dipijat terlebih dahulu. Sama seperti manusia, agar pegal-pegal yang dirasakan sedikit terkurangi. Berikut ini adalah teknik memijat ayam.
 

 
 Video Teknik Memijat Ayam

0 comments:

Post a Comment